informasiobat.com

NISTATIN

NAMA GENERIK
Nistatin

STRUKTUR KIMIA
C47H75NO17

KETERANGAN
Nistatin adalah antibiotik antifungi yang dihasilkan oleh Streptomyces noursei

SIFAT FISIKOKIMIA
Tiap mg nistatin mengandung tidak kurang dari 4400 unit aktivitas. ;Obat ini bersifat higroskopis, serbuk berwarna kuning hingga coklat bercahaya, dengan bau seperti sereal, sangat sedikit larut dalam air (efektif dalam bentuk suspensi),;sedikit larut dalam alkohol, metanol, n-propil alkohol, dan n-butil alkohol; tidak larut dalam kloroform, eter dan benzen.

SUB KELAS TERAPI
Anti Infeksi

FARMAKOLOGI
Absorbsi : topikal : tidak ada yang dapat menembus membran mukosa atau masuk dalam kulit; oral : absorbsi jelek;Waktu untuk mencapai kadar puncak, serum: gejala infeksi candidiasis berkurang dalam 24 72 jam ;Ekskresi : Feses (dalam bentuk obat tidak berubah)

STABILITAS PENYIMPANAN
Sediaan nistatin dapat menjadi rusak oleh panas, cahaya, kelembaban atau udara. Nistatin suspensi oral dan tablet harus disimpan dalam wadah yang tertutup rapat, tidak tembus cahaya. ;Tablet oral dan suspensi oral : simpan pada suhu kamar yang terkontrol 15C hingga 25C.;Paparan tablet terhadap suhu lebih dari 40C dan penyimpanan suspensi oral pada suhu dingin harus dihindari. ;Serbuk nistatin harus disimpan dalam wadah tertutup rapat, kedap cahaya dan disimpan pada suhu 2 - 8C;Penyiapan suspensi oral nistatin yang tidak mengandung pengawet, harus segera digunakan sesudah pencampuran. ;Sediaan melalui vagina : simpan dalam refrigerator ; lindungi dari temperatur ekstrim, udara lembab dan cahaya

KONTRA INDIKASI
Hipersensitivitas terhadap nistatin atau komponen lain dalam sediaan

EFEK SAMPING
Mual, muntah, diare pada dosis tinggi ; sensitisasi dan iritasi oral ; rash (termasuk urtikaria) dan jarang terjadi sindrom Stevens-Johnson.

PENGARUH KEHAMILAN
Tidak ada informasi yang tersedia; tetapi absorbsi dari saluran cerna sangat terbatas . ;Faktor risiko : B/C (untuk pemberian oral)

PENGARUH MENYUSUI
Tidak ada informasi yang tersedia; tetapi absorbsi dari saluran cerna sangat terbatas . ;Tidak masuk dalam air susu ibu/compatible (sediaan oral tidak diabsorbsi)

BENTUK SEDIAAN
Tablet, Suspensi

INFORMASI PASIEN
Jumlah dan frekuensi penggunaan obat tergantung dari beberapa faktor, seperti kondisi pasien, umur dan berat badan. Bila anda mempunyai pertanyaan yang berkaitan dengan jumlah dan/ frekwensi pemakaian obat tanyakan pada dokter atau apoteker. ;Hati-hati membaca informasi yang berkaitan dengan obat ini dan ulangi membaca setiap kali anda menerima resep legi. ;Gunakan obat ini secara tepat seperti petunjuk yang tertera dalam resep.;Sediaan suspensi : kocok dengan baik sebelum digunakan. Minum sediaan tersebut dan tahanlah di mulut selama mungkin (beberapa menit) sebelum ditelan.;Hentikan penggunaan obat dan hubungi dokter jika terjadi iritasi. ;Jangan menghentikan pemakaian obat ini tanpa berkonsultasi dengan dokter ;Jangan menggunakan OTC atau obat resep yang lain tanpa memberitahu dokter yang merawat. Ini termasuk sediaan herbal atau suplemen makanan yang lain;Kondisi medis awal pasien harus diceritakan pada petugas kesehatan sebelum menggunakan obat ini. ;Jangan menggunakan obat melebihi jumlah yang telah diresepkan, kecuali atas anjuran dokter.;Jika pasien lupa minum obat, segera mungkin minum obat setelah ingat. Jika terlewat beberapa jam dan telah mendekati waktu minum obat berikutnya jangan minum obat dengan dosis ganda, kecuali atas saran dari dokter atau apoteker .;Jika lebih dari satu kali dosis terlewat, hubungi dokter atau apoteker. ;Obat ini hanya digunakan oleh pasien yang mendapat resep. Jangan diberikan pada orang lain.

MEKANISME AKSI
Berikatan dengan sterol pada sel membran jamur, perubahan permeabilitas dinding sel diikuti dengan kebocoran isi sel

{BOTTOM}